Sunday, June 26, 2011

Panitia Pengawas Pilkada Banjarnegara Aktifkan Pengawas Lapangan

Banjarnegara (ANTARA News) - Panitia Pengawas Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, akan mengaktifkan kembali pengawas lapangan di tingkat desa menjelang penetapan pasangan calon bupati-wakil bupati oleh Komisi Pemilihan Umum setempat.


"Pengawas lapangan akan kembali diaktifkan mulai hari Senin (27/6) karena pada hari Selasa (28/6) akan dilaksanakan penetapan pasangan calon oleh KPU," kata Ketua Panwas Pilkada Kabupaten Banjarnegara, Jauhar Hatta, di Banjarnegara, Jumat.
Menurut dia, pengawas lapangan akan bekerja hingga satu bulan ke depan guna melakukan pengawasan pelaksanaan Pilkada di setiap wilayahnya.

Dalam hal ini, kata dia, pengawas lapangan akan mengawasi pelaksanaan pembentukan kelompok panitia pemungutan suara (KPPS) di setiap desa termasuk pengawasan terhadap kampanye pasangan calon beserta timnya.

"Tugas pengawas lapangan dilakukan sejak penetapan, prosesi Pilkada akan dimulai, dari pembentukan KPPS, pengumuman daftar pemilih tetap (DPT) di setiap tempat pemungutan suara hingga pelaksanaan kampanye dan pelaksanaan pemilihan di setiap desa," katanya.

Dalam pengangkatan pengawas lapangan ini, kata dia, pihaknya masih mengacu pada petugas yang pernah bekerja melakukan pengawasan pada tahap I, yakni saat verifikasi serta pencocokan dan penelitian daftar pemilih pada akhir April hingga Mei.

Setelah itu, lanjutnya, pengawas lapangan ini dinonaktifkan dan akan diaktifkan kembali pada tanggal 27 Juni 2011.

"Untuk pengawas lapangan, kita memang efektifkan dua bulan, yakni saat verifikasi dan pelaksanaan kampanye hingga pemilihan. Kondisi ini dilakukan karena keterbatasan anggaran yang dimiliki oleh Panwas," kata dia menjelaskan.

Kendati demikian, dia mengatakan, Panwas Pilkada Kabupaten Banjarnegara akan memberikan pembekalan pengawasan dan menggelar rapat koordinasi dengan seluruh petugas pengawas lapangan pada tanggal 4 Juli 2011.

Seperti diketahui, dalam bursa Pilkada Kabupaten Banjarnegara, KPU setempat menerima pendaftaran dari empat pasangan bakal calon bupati wakil bupati, baik dari jalur perseorangan maupun yang diusung partai politik. 

Keempat pasangan tersebut, yakni Budhi Sarwono-Kusuma Winahyu yang maju dari jalur perseorangan, Syamsuddin-Toto Hardono yang diusung oleh PAN, HM Yusie Husein-Mohammad Najib yang didaftarkan oleh koalisi PKB, PDP, PPD, Partai Kedaulatan, PMB, Partai Pelopor, dan Partai Patriot, serta Sutedjo Slamet Utomo-Hadi Supeno yang didukung oleh koalisi besar Partai Golkar, PDI Perjuangan, PPP, PKS, Gerindra, PKNU, PBR, Hanura, PPRN, dan Partai Barnas. 

Penetapan pasangan calon yang berhak maju dalam Pilkada Kabupaten Banjarnegara, 24 Juli 2011, akan dilaksanakan KPU pada hari Selasa (28/6). 

No comments:

Post a Comment

Jadilah anda yang pertama

Berita Terbaru