Sunday, September 12, 2010

Pertandingan Sepakbola dengan Dua Wasit

Sudah sejak Piala Dunia tahun 1998 bahkan mungkin sebelum itu saya sudah berangan-angan nonton sebuah pertandingan sepakbola yang sesedikit mungkin ternodai oleh kontroversi dari wasit. Sehingga pertandingan akan berjalan lebih fairpaly. Karena dari sekian puluh pertandingan atau ratusan pertandingan yang sudah disaksikan hampir selalu saja ada kekecewaan penonton yang disebabkan oleh human error dari seorang wasit.

Dari keinginan diatas terlintas dalam pikiran pertandingan bola basket yang dipimpin oleh dua orang wasit, lalu  membandingkan, kenapa sepakbola yang lapangan pertandingannya jauh lebih luas dan jumlah pemain lebih banyak tidak menggunakan dua wasit atau bahkan lebih.

Dalam pertandingan sepakbola yang menggunakan dua wasit sekaligus untuk menjalankan tugasnya dalam memimpin pertandingan maka perlu adanya pembagian wilayah kekuasaan lapangan yaitu dengan cara membagi menjadi dua wilayah misal wasit satu lapangan sebelah kanan dan yang satunya lagi lapangan sebelah kiri, masing-masing wasit dibantu oleh 3 penjaga garis yaitu 2 penjaga garis tepi dan 1 penjaga garis gawang.

Dengan formula seperti diatas ini diharapkan stamina wasit akan terjaga untuk selalu berada tidak jauh dari bola dan kerumunan pemain ini tentunya akan mengurangi tingkat kesalahan wasit dalam mengambil keputusan, begitu juga bagi para pembantu wasit karena area yang diawasi lebih sempit maka akan semakin fokus dalam menjalankan tugasnya.

Rupanya hal senada juga sudah mulai masuk dalam wilayah orang-orang yang mempunyai kepentingan dalam persepakbolaan baik tingkat daerah, nasional dan internasional dalam hal ini FIFA. Pertandingan sepakbola dengan dua wasit memang belum ada dalam pertandingan resmi namun paling tidak ini sudah menjadi wacana publik.

Saya yakin suatu saat nanti ini akan terjadi, tunggu saja. Bravo Sepakbola

gambar : http://www.kagakribet.com

No comments:

Post a Comment

Jadilah anda yang pertama

Berita Terbaru